Pelantikan Direktur Pemasaran dan Direktur Umum Bank Bengkulu

Rabu, tanggal 1 Januari 2017 Bank Bengkulu kembali melantik Direksi, Bapak Joni Haryanto, SE  Sebagai Direktur Umum dan ... Selengkapnya...

e-Samsat Bank Bengkulu

pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor bisa dilakukan melalui ATM (Auto Teller Machine) Bank Bengkulu. Cukup menjadi nasabah Bank ... Selengkapnya...

Budaya Kerja Bank Bengkulu
Inklusi Keuangan Untuk Semua Tabungan TABOT Hadiah Langsung
Peresemian Gedung Baru Dan Pindah Alamat Kantor Bank Bengkulu Cabang Mukomuko

Pada hari Kamis tanggal 01 September 2016 Bank Bengkulu kembali meresmikan dan pindah alamat gedung baru Bank Bengkulu kantor Cabang ... Selengkapnya...

CALL CENTER

KATEGORI

PHOTO

VIDEO

Statistik

Pengunjung hari ini : 134
Total Pengunjung : 159525

Hits hari ini : 478
Total Hits : 682735

Mediasi Perbankan

2013-12-04 09:57:03 | 5542 Kali Dibaca


Penyelesaian Sengketa Melalui Fungsi Mediasi Perbankan

Sesuai peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor  1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Jasa Keuangan. Maka pelaku Usaha Jasa Keuangan wajib menyediakan dan/atau menyampaikan informasi produk dan /atau pelyanan yang akurat,jujur,jelas dan tidak menyesatkan. Perlindungan Konsumen menerapkan prinsip:

  1. transparansi.
  2. perlakuan yang adil.
  3. keandalan.
  4. kerahasiaan dan keamanan data/informasi Konsumen.
  5. penanganan pengaduan serta penyelesaian sengketa Konsumen secara sederhana, cepat, dan biaya terjangkau.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka perlu diinformasikan kepada para nasabah Bank Bengkulu mengenai pengaduan konsumen oleh Otoritas Jasa Keuangan dilakukan terhadap pengaduan yang berindikasi sengketa disektor jasa keuangan sebagaimana dimaksud pada POJK Nomor 1/POJK.07/2013 Pasal 40 ayat (1) harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Konsumen mengalami kerugian finansial yang ditimbulkan oleh:
  • Pelaku  Usaha  Jasa  Keuangan  di  bidang Perbankan,  Pasar Modal,  Dana  Pensiun,  Asuransi Jiwa,  Pembiayaan, Perusahaan Gadai, atau Penjaminan, paling banyak sebesar Rp 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).
  • Pelaku  Usaha  Jasa  Keuangan  di  bidang  asuransi  umum paling banyak sebesar      Rp 750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah).
  1. Konsumen   mengajukan   permohonan   secara   tertulis   disertai dengan dokumen pendukung yang berkaitan dengan pengaduan.
  2. Pelaku    Usaha    Jasa    Keuangan    telah    melakukan    upaya penyelesaian pengaduan namun Konsumen tidak dapat menerima penyelesaian tersebut atau telah melewati batas waktu sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan ini.
  3. pengaduan  yang  diajukan  bukan  merupakan  sengketa  sedang dalam proses atau pernah diputus oleh lembaga arbritrase atau peradilan, atau lembaga mediasi lainnya.
  4. pengaduan yang diajukan bersifat keperdataan.
  5. pengaduan yang diajukan belum pernah difasilitasi oleh Otoritas Jasa Keuangan; dan
  6. pengajuan  penyelesaian  pengaduan  tidak  melebihi  60  (enam puluh)   hari   kerja   sejak   tanggal   surat   hasil   penyelesaian Pengaduan  yang  disampaikan  Pelaku  Usaha  Jasa  Keuangan kepada Konsumen.

II. Prosedur Pengajuan Oleh Nasabah

  • Fotokopi surat hasil penyelsaian pengaduan sebelumnya dari Bank Bengkulu
  • Fotokopi indentitas nasabah yang masih berlaku
  • Menandatangani surat pernyataan bahwa sengketa yang diajukan tidak sedang dalam proses atau telah mendapat keputusan dari lembaga arbiterase, peradilan, lembaga mediasi lainnya dan belum pernah diproses dalam mediasi perbankan yang difasilitasi oleh Bank Indonesia.
  • Fotokopi dokumen pendukung yang terkait dengan sengketa yang diajukan.
  • Surat kuasa, dalam hal pengajuan penyelesaian sengketa dikuasakan.
  1. Petugas Bank Bengkulu akan menjelaskan kepada nasabah mengenai prosedur dan proses beracara pada mediasi perbankan.
  2. Formulir pengaduan penyelesaian sengketa disediakan di seluruh kantor Bank Bengkulu atau dapat diakses melalui website Bank Bengkulu www.bankbengkulu.co.id.
  3. Surat pengajuan ditujukan kepada Direktorat Investigasi dan Mediasi Perbankan, Bank Indonesia, Menara Radius Prawiro lantai 19, jalan M.H. Tahmrin No.2 jakarta 10110 dengan tembusan kepada Direksi Bank Bengkulu, Jl. Basuki Rahmat No. 6 Lt. 2 , Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu 38221.
  4. Apabila telah terbentuk lembaga mediasi perbankan independen, maka surat pengajuan akan diajukan pada alamat lembaga mediasi independen tersebut.
  5. Batas waktu pengajuan surat penyelesaian sengketa melalui mediasi perbankan adalah tidak melebihi 60 (enam puluh) hari kerja sejak tanggal surat hasil penyelesaian pengaduan sebelumnya dari Bank Bengkulu.

SUKU BUNGA

Nama Produk Suku Bunga
Tabungan Tabot 1,50 %
Tabungan Simpeda
Rp. 0 s.d. Rp. 500 Rb 0,50%
Rp. 500 Rb s.d. Rp. 5 Jt 1,00%
Rp. 5 Jt s.d. Rp. 50 Jt 1,25%
Rp. 50 Jt s.d. Rp. 500 Jt 1,50%
Diatas Rp. 500 Jt 2,00%
Tabungan Ku
Rp. 0 s.d. Rp. 500 Rb 0,00%
Rp. 500 Rb s.d. Rp. 1 Jt 0.25%
Diatas 1 Jt 1,00%
Deposito
1 Bulan 6.25%
3 Bulan 6.25%
6 Bulan 6.50%
12 Bulan 6.75%

Laporan Publikasi Triwulan

LAPORAN TAHUNAN